Jaman dahulu kala.

Kakek Nenek

Hari ini gw mengalami pembicaraan sama bokap yg belom pernah dibicarain. Gw iseng2 nanya tentang almarhum kakek (kiri) dan almarhumah nenek (kanan) dari bokap. Menurut penjelasan bokap, dulu kakek gw sempet jadi juragan becak, becaknya ada 40an lebih, dan rumah gw ini tempat parkirannya. Sedangkan nenek gw dulu adalah seorang yatim piatu yang ortunya meninggal pas umurnya masih 3 taun. Kakek uyut (dari nenek) dulunya seorang teknisi di pabrik gula punya Belanda. Laen lagi ortunya kakek gw, mereka petani dan seorang pejuang. Katanya ada relasi sama Jendral Sudirman, kakek uyut gw cetar juga..
Nyoba ngebayangin dan ngebandingin kehidupan mereka dahulu, enggak kebayang rasanya sekarang begitu banyak hal yang terdegradasi, efek samping jajahan jenis baru di ibukota. Dalam sudut pandang gw kita semua adalah pejuang yang musuhnya tertutupi kamuflase budaya sampe agama. Pantang menyerah adalah tato permanen di dalem hati.

Apakah lo tau tentang sejarah kakek, nenek, dan uyut lo? coba deh cari tau dan gw pastiin keterkejutan yang menyenangkan akan meliputi pikiran kalian, dan rentetan rasa terhubung yang kuat sama keluarga dan masyarakat sekitar. Dan besar kemungkinan informasi sejarah tersebut akan menggedor semangat. Try, ask, and imagine.

Leave a Reply

