Tanpa sedikitpun keraguan.

DSC_0378

Malam yang dingin, bahan makanan yang terbatas, kesepian, smartphone yang unfunctional, mereka semua yang menemani gw dalam pengambilan data harian, selama kurang lebih empat bulan purnama. Ini kisah tentang konsistensi dan ujian integritas. Biar enggk roaming, integritas menurut referensi adalah sesuatu yang dibenarkan oleh hati dengan kata lain pondasi dasar dari kejujuran. Iya bener ini ujian hati.

Setiap hari gw harus mengukur 288 titik pengukuran ditambah 28 poin tambahan dalam empat waktu yang berbeda, jam 05.00, 11.00, 17.00, dan 23.00. Setiap kali mengukur kurang lebih membutuhkan waktu 1 – 1.5 jam. Setiap tetes darah dan keringat gw nikmati, dan alhamdulillah gw sadar ketidakpentingan sifat keluh. Beberapa aktifitas harian lain untuk bertahan hidup seperti menombak, memancing, dan memasak adalah wajib. Dengan berburu gw mengambil pelajaran pentingnya momen dan kondisi lingkungan sekitar. Biasanya setelah pengukuran di jam 23.00 selesai, pergi ke tubir bawa tombak buat nyari ikan. Paling baik dilakukan saat bulan mati ataupun cuaca mendung, gelap gulita adalah waktu yang tepat. Timing is everything when you want to go hunting.

Rasa rindu sama keluarga adalah hal lain yang gw alami, setiap jengkal jejak di pulau ini buat gw punya kesan yang dalam. Keajaiban pertolongan Allah SWT adalah hal yang sulit gw lupakan. Ketidakterbatasan pertolongan-Nya ini sangat sulit untuk dibagikan, ya memang benar, sudah disebutkan dalam Al Quran, seandainya seantero lautan jadi tinta buat nulis nikmat Allah enggak akan cukup, walaupun ditambah lagi dalam jumlah yang sama. Setitikpun keraguan tidak hadir untuk kebenaran ayat-ayat Al-Quran, kitab yang diturunkan-Nya untuk seluruh umat manusia.

Subhanallah. Maha Besar Engkau atas segala sesuatu yang Engkau ciptakan.

Leave a Reply

