Benang jahit hitam.

DSC_0527

Urusan di kota kecil yang tidak padat bernama Berau, emang butuh firepower yang banyak bagi seorang musafir awam seperti gw. Beruntung atas izin-Nya seseorang yang spesial @ms_prmsty membantu gw dari kejauhan buat beberapa urusan surat menyurat dan kiriman barang. Alhamdulillah.

Tetapi lain cerita saat gw mendapati alat ukur gw rusak dan enggak bisa hubungin dosen pembimbing gw maupun @ms_prmsty karena di pulau yang jauh dari jangkauan provider komunikasi. Kejadian ini terjadi di pertengahan januari 2013. Bingung dan enggak berdaya, gw langsung lemes pas tau alat ukur suhu tanah gw rusak. Gw mencoba menenangkan diri dan berdoa. Gw pun kembali ke pos dan mencoba membongkar instrumen tersebut. Dugaan terkuat gw adalah salah satu kabel di instrumen tersebut bermasalah. Tapi gw enggk cukup punya keberanian buat ngelupas, khawatirnya nambah rusak.

Akhirnya setelah perdebatan panjang sama diri sendiri tanpa solusi, gw pun konsultasi sama pimpinan pos, pak Ben. Gw mau nitip pesen supaya alat pengganti ini bisa di datangkan dair Jakarta, gw udah berikan secarik kertas berisi satu paragraf SMS dan nomer @ms_prmsty ke pak Ben. Rencananya pas speedboat logistik pulang, pak ben bisa mengirimkan pesan darurat tersebut. Gw berfikir keras buat keputusan itu, dan merasa tidak mungkin sampai dalam waktu dekat, pasti memakan waktu setidaknya dua – tiga minggu paling cepet ke pulau ini. Dua sampai tiga minggu itu kebetulan sekali jatuh di rentang waktu tetas semua telur eksperimen gw. Gw merasa semakin lemes karena jelas sekali kalo penundaan ini bakalan ngasilin data yang bolong2. Lalu gw mencoba bicara sama mas Girboy dan mas Hidar ttg kerusakan alat. Setelah pertimbangan matang untuk tidak mengoyak kabel, solusi baru timbul, mas Hidar coba mengakali kabel tersebut, percaya atau tidak perbaikan ini hanya membutuhkan benang jahit yang diikat. Alhamdulilah teratasi, data suhu tidak terputus :D. Pertolongan-Nya begitu dekat.

“Tidak ada cobaan yang didatangkan pada seorang hamba kecuali sesuai dengan kemampuannya.” dan “Jangalah kamu berputus asa atas rahmat dan pertolongan-Ku” Maha Benar Allah atas segala yang diturunkan-Nya.

On going measurement

On going measurement

Leave a Reply

