Renungan.

Suatu hari ada seorang mahasiswa yang ditimpa banyak sekali suatu pilihan yang mengharuskannya memilih keputusan. Keputusan tersebut merupakan keputusan yang mempengaruhi dirinya, keluarganya, dan teman-temannya. Sebelum memutuskan, dengan sabar dia berfikir, menenangkan diri, berdoa, lalu mulai mendeskripsikan permasalahan tersebut. Setelah mendeskripsikan dia mengembangkan deskripsi tersebut menjadi beberapa alternatif pilihan yang mungkin bisa diambil, lalu dari setiap pilihan alternatif tersebut dijabarkan kemungkinan-kemungkinan yang diasumsikan akan terjadi. Lalu merenungi kembali informasi tersebut, pikirannya menseleksi, memilah mana yang terbaik. Lalu langkah akhir ialah mendengarkan intuisinya (kata hati).

Idealnya  pengambilan keputusan seperti itu, tetapi kini di era teknologi dan pesan instan merajalela kita semua kerap kali mencari jalan pintas. Emosi diri dan ego menguasai setiap jengkal pikiran, menutupi sebagan besar akal sehat. Kondisi ini terjadi di mana-mana, “bagaimana kita bisa menghindar?” bukan itu pertanyannya, sepertinya akan lebih tepat jika, “Hal apa yang mampu kita perbuat untuk mempertahankan kebaikan dalam kepungan keburukan?”

Jawabannya bermacam-macam, tetapi ada satu hal yang membuat kita selalu berfikir positif, bayangkan jika seandainya Nabi Muhammad SAW berada dalam posisi dalam suatu masalah yang sama seperti apa yang kita hadapai saat ini, apa ya yang kira-kira beliau lakukan? Asumsi kita tentu hal-hal yang tentu saja berbuah kebaikan.  Saya kira semua muslim sepakat dengan hal ini. Sesekali lakukan dan terapkan, insyaallah ketenangan berada dalam diri kita. Amin.

Advertisements

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s